4 Cara Membuat Anak Gemar Sikat Gigi

Salah satu kebiasaan buruk dari seorang anak yang membutuhkan kesabaran ekstra para orangtua adalah anak yang susah sekali untuk menggosok gigi. Kebiasaan buruk ini tentunya membuat khawatir para orangtua karena ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika tidak segera diatasi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak ini memang sebaiknya diterapkan sejak anak masih kecil. Dan ini menjadi pekerjaan rumah para orangtua untuk membuat anaknya itu mempunyai kesadaran untuk membiasakan menyikat giginya secara rutin sejak dini.

Para orangtua dengan anak yang susah untuk melakukan sikat gigi itu biasanya akan merasa kebingungan dan pusing. Para orangtua ini tentunya akan kebingungan tentang apa yang harus dilakukannya sebagai cara membuat anak agar mempunyai kesadaran untuk mulai menjaga kebersihan bagian gigi dan mulutnya. 4 tips ini sebaiknya dicoba orangtua agar anaknya mempunyai kesadaran untuk menyikat giginya secara rutin diantaranya yaitu :

  1. Melakukan Sikat Gigi Secara Bersama Sama

Pada dasarnya setiap anak itu akan meniru dengan apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Sehingga ini dapat dijadikan momen orangtua untuk menumbuhkan kesadaran anaknya untuk mulai menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Orangtua ini sebaiknya meluangkan waktunya untuk melakukan sikat gigi secara bersama sehingga ini akan menjadi contoh yang baik untuk anaknya.

  1. Membiarkan Anak Untuk Memilih Sikat Dan Pasta Giginya Sendiri

Memberi kebebasan anak didalam memilih sikat dan pasta sesuai dengan keinginannya merupakan cara jitu agar anak tertarik menyikat giginya. Misalnya anak suka dengan karakter sebuah kartun atau ada warna yang menjadi favoritnya sehingga ini bisa menjadi sesuatu hal yang dapat menarik perhatiannya.

  1. Mengajarkan Anak Lewat Kartun Atau Vidio

Anak selain akan meniru contoh baik dari orangtuanya tetapi juga biasanya akan meniru sosok yang menjadi idolanya. Pada umumnya anak itu suka dengan tontonan kartun maka sebaiknya para orangtua mencarikan vidio kartun yang bertemakan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Memberikan Hadiah Kepada Anak

Anak juga biasanya akan termotovasi untuk melakukan sesuatu hal ketika diiming imingi sebuah hadiah. Sehingga cara ini juga bisa dilakukan orangtua agar anaknya mempunyai motivasi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Orangtua bisa memberikan anaknya hadiah jika anaknya itu mau membersihkan giginya.

Itulah 4 tips yang sebaiknya dicoba orangtua agar anaknya mempunyai kesadaran untuk menyikat giginya secara rutin.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.