5 Cara Membuat Kue Tanpa Oven yang Dijamin Sukses

Cara membuat kue tanpa oven sudah sangat mudah ditemui di sekitar kita. Resepnya bisa kita dapatkan dari informasi internet atau juga dari teman yang sudah mencobanya. Banyak alternatif yang bisa kita dapatkan. Tetap melakoni hobi bikin kue tetapi tidak bingung karena tidak memiliki oven, karena cara membuat kue tanpa oven sudah tersedia dan hasil kuenya dijamin lezat.

Siapa yang tidak suka kue, sebuah camilan sederhana yang kaya akan karbohidrat. Bisa dikatakan makanan ringan, namun mengenyangkan. Bisa mengganjal perut saat lapar atau dijadikan makanan pembuka saat berada di acara hidangan makan malam. Untuk camilan setiap hari pun cocok. Bisa membeli dari toko atau membuatnya sendiri.

Rasa yang didapatkan dari kue yang kita buat sendiri tidak akan kalah dengan kue yang dijajakan di toko kue. Walaupun mereka menggunakan oven dan kita tidak menggunakan oven, tetapi soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

Tata cara membuat kue tanpa oven pun sangat mudah untuk diaplikasikan. Mudah untuk ditiru, asalkan sudah sesuai dengan urutan yang direkomendasikan.

5 tips menyukseskan cara membuat kue tanpa oven

Tidak perlu khawatir jiak membuat kue tanpa oven hasilnya akan buruk, karena kue itu dibuat dengan di kukus. Walaupun dengan oven pun, sistem kerjanya juga dengan di kukus. Maka dari itulah kue juga bisa di kukus dengan dandang. Sama-sama di kukus, namun alatnya berbeda.

Berikut adalah tips-tips agar hasil kue kita maksimal walaupun tanpa oven :

  • Memastikan kita sudah memanggang dandang terlebih dahulu sebelum memulai mengukus kue. Masukkan air secukupnya lalu masukkan sarangannya, dan tutup hingga air mendidih. Baru adonan kue dimasukkan. Jangan memasukkan jika dandang belum panas, maka kue tidak akan mengembang. Yang mengembangkan kue saat di kukus adalah uang airnya.
  • Sama seperti cara membuat kue pada umumnya. Jangan memasukkan bahan padat begitu saja pada adonan kue. Pastikan bahan utama untuk membuat kue sudah dilembutkan terlebih dahulu.

Untuk coklat batangan pun, harus dilelehkan terlebih dahulu. Ini dikarenakan saat di kukus, semua bahan akan terpanaskan secara merata. Jika tidak merata, bahan kue tidak akan tercampur dengan bahan lainnya, walaupun sebelum di kukus sudah menjadi adonan yang kalis.

  • Walaupun telur bersifat mengembangkan kue, namun jangan memakai terlalu banyak telur. Pakai telur secukupnya. Jika kebanyakan, rasa telur pada roti akan sangat terasa. Alhasil roti akan berbau amis.

Apalagi kalau pengadukannya tidak menggunakan mixer, maka untuk mengaduk satu telur saja membutuhkan waktu yang lama agar tercampur dengan adonan lain. Apalagi jika banyak telur. Menggunakan mixer pun juga demikian, jika pengadukannya tidak sempurna, maka adonan akan berbau amis.

  • Untuk mengembangkan hasil kue, kita bisa menggunakan backing soda double power. Mengurangi jumlah telur, tetapi penggunaan backing soda yang berkualitas sangat disarankan.
  • Dalam menyukseskan cara membuat kue tanpa oven, pastikan kita menggunakan bahan-bahan kue yang memiliki suhu ruangan. Bukan yang diambil dari dalam kulkas. Hal ini penting agar menjaga tekstur kue serta membuat adonan kue kalis sempurna.

Kelima tips pembuatan kue tanpa oven tersebut dijamin akan menyukseskan kegiatan membuat kue yang kita lakukan. Tidak perlu menggunakan oven pun kue sukses memanjakan lidah.

Cara-cara membuat kue tanpa oven bisa dilakukan dengan mudah asalkan kita hati-hati dalam membuatnya. Membuat kue dengan sepenuh hati pun akan menghasilkan kue yang super lezat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*