6 Langkah Mudah Perawatan Aki Mobil Agar Bisa Bekerja dengan Baik

Aki atau yang dikenal juga sebagai accu termasuk salah satu komponen kelistrikan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Umumnya bagian yang satu ini digunakan untuk menyalakan lampu mobil, lampu sen, speedometer dan beberapa bagian lainnya. Untuk itulah harus selalu dipastikan kondisinya ada di dalam mobil. Hanya saja tidak bisa dipungkiri juga bahwa terkadang pengguna tergolong agak teledor dalam memastikan kecukupan dari sarana yang satu ini, sehingga tidak mengetahui kapan waktu pergantiannya.

Jarang mengisi dengan aki yang baru, sehingga menyebabkan mobil tidak bisa digunakan lagi, contohnya saja sumber kelistrikan pertama atau sebagai daya untuk menyalakan mobil semuanya berasal dari sini. Ketika akinya habis sudah pasti mobil tidak akan bisa di starter. Karena sangat berhubungan dengan komponen-komponen yang lainnya, maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk perawatannya agar kondisinya selalu baik, diantaranya adalah:

  1. Jaga ketinggian permukaan elektrolit dari aki tersebut, artinya jangan biarkan ia berada pada level yang rendah atau habis, karena hal ini bisa memicu beberapa komponen lainnya tidak menyala. Caranya sangat mudah yaitu selalu memeriksa jumlah yang ada di dalamnya, kemudian isi ketika sudah mulai habis, berkurangnya permukaan aki ini ternyata tak hanya dipengaruhi oleh penggunaan saja, melainkan juga penguapan yang menyebabkan sell aki menjadi rusak.
  2. Ketika posisinya berada di bagian belakang kipas radiator, maka Anda bisa menggunakan penutup aki, sehingga nantinya panas yang keluar dari kipas radiator tersebut tidak menyebabkan penguapan dan membuatnya mudah habis.
  3. Selalu menjaga kebersihan permukaannya, hal yang sepele, namun faktanya jarang sekali dilakukan, yaitu dengan memastikan bagian permukaannya tetap bersih, biasanya ada berbagai macam hal yang berpotensi masuk kedalam cairan aki ini, salah satu diantaranya adalah tumpukan debu yang disebabkan penyaring udara yang tidak berfungsi dengan baik, juga jarangnya mengecek kebersihan mesin kendaraan. Pembersihan juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan hanya dengan menggunakan air panas.
  4. Membersihkan kerak pada terminal aki, hal lainnya yang juga wajib untuk diwaspadai adalah tumbuhnya kerak dengan warna kehijauan. Hal ini biasanya dipicu oleh kleman aki yang longgar.
  5. Kurangi pemakaian setrum aki, artinya masih bisa dilakukan, namun jangan terlalu sering, karena hal ini membuat konsumsi arus menjadi semakin besar dan bisa menyebabkan umur aki menjadi pendek.
  6. Panasi mesinnya secara teratur, khususnya pada mobil yang jarang dipakai, sehingga aki tetap bisa bekerja secara normal meskipun jarang digunakan.

Setidaknya itulah langkah mudah dalam perawatan aki kendaraan yang bisa Anda lakukan. Hal mudah untuk menjaga performa dari kendaraan tersebut agar bisa lebih optimal.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*