Ada Beberapa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Proyektor

Hemm Proyektor. Apa yang ada dibenak kalian jika mendengan proyektor?  Ya, setiap kali dengar kata ini wah keren nih bisa dibuat bisokop di rumah, dicolokin di laptop bisa main game layar lebar. Ada gak kira-kira temen-temen yang berpikiran kaya saya? Pasti ada. Hayoo ngaku gan hehe.  Yang belum punya bisa beli di Mataharimall.com loh, lagi promo proyektor murah buruan sebelum kehabisan.

Dari pada bingung-bingung sekalian aja kita bahas proyektor. Yup lets go…

Apa sih Proyector itu?

Projector berfungsi memperlihatkan gambar berukuran besar melalui sinar yang dipancarkan melalui lampu yang dipunyainya. Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan video dan gambar ke dinding atau layar.

Trus ada berapa jenis proyector itu?

Proyektor sendiri ada 2 jenis yaitu Home Theater dan Multimedia, kebanyakan yang keluar di Negara kita ini adalah tipe presentasi. Trus apa bedanya? Antara Home Theater dan Multimedia, Seusai namanya home theater ini adalah cocok sekali untuk menonton film atau bioskop, sedangkan Multimedia bisaanya sering digunakan untuk presentaasi. Jadi apakah berberda? Yes Berbeda, dikarenakan projector khusus presentasi lebih mengutamakan untuk still image sedangkan Home theater lebih ke arah gambar bergerak dan berbeda pula di settingan menu yang dipunyai. Projector Home theater ymempunyai menu mirip LCD TV bisa dikatakan sudah sama lah yang bisa mengatur (Hue Saturation Brightness) HSB dan menu lainnya yang tidak dipunyai projector presentasi.

Cara kita membedakannya?

Sangat mudah untuk membedakannya, dapat dilihat dari ANSI lumens yang dipunyainya. Jenis Projector Home Theater dia mempunyai ANSI lumens yang rendah dikarenakan untuk ruangan gelap biasanya dibawah 2000 ANSI lumens sedangakn projector presentasi mempunyai ANSI yang tinggi yaitu diatas 2000 asumsi dikarenakan dipakai untuk dirungan yang terang untuk presentasi. Dan biasanya proyektor Home Theater mempunyai input yang lebih lengkap dibandingkan dengan proyektor presentasi misalnya HDMI, Component, AV, USB, Svideo. Sedangkan pada proyektor jenis presentasi hanya diisi oleh RGB (D-sub) ditinjau dari format layarnya biasanya proyector presentasi masih berformat 4:3 XGA, dan sedangkan proyektor Home Theater mempunyai format 16:9 Wide Screen.

Lalu berarti untuk home theater harus memilih ANSI lumens yg rendah donk bang?dan sebaliknya yang tinggi untuk multimedia (presentasi)?

Yes benar sekali. ANSI lumens dangat bagus dikondisi gelap ruangan. Sedangkan yang terang digunakan untuk sebaliknya yaitu tempat ruangan yang terang.

Apa yg terjadi jika saya menggunakan proyektor presentasi untuk menonton film?

Jawabannya bisa saja buat nonton film di proyektor presentasi, tapi kembali lagi dengan penjelasan diatas proyektor presntasi dirancang untuk ke arah gambar diam. Kunsekuensinya jika maksa untuk menonton film dengan proyektor jenis ini diruang gelap dengan ansi lumens tinggi akan menajadi kan anda merasa pusing (musing sickness) karena memang tidak dirancang untuk ke arah menonton film.

Bang saya tertarik untuk membeli projector untuk Home Theater dan Presntasi, adakah rekomendasi merek?
Sebenarnya untuk merk banyak sekali dipasaran disarankan sesuaikan dengan budget yang ada, bisa dipilih kelas normal sampai kelas atas samapai paling mahal, ACER, BENQ, Panasonic Infocus, Optoma Sony BARCO, SIM2 dll. Saya sangat merekomendasikan beli di Mataharimall.com karena lagi ada promo proyektor murah sehingga bisa meminimalisir budget anda.

Mudah-mudah artikel ini bisa membantu anda untuk menentukan proyektor mana yang akan anda beli, dan mendapatkan ilmu tambahan tentang proyektor walapun hanya sekilas.

Semoga bermanfaat. 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*