Gangguan Kesehatan Pada Anak Serta Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

Lifebuoy kita berikan kepada anak sebagai langkah preventif yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil. Apalagi jika anak masih berusia balita, dimana pada usia ini kekebalan tubuh anak masih rendah sehingga rentan terhadap penyakit. Penyakit ini pun beragam, dan penyebabnya juga banyak. Salah satunya adalah biang keringat. Untuk itu pastikan kita tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasi biang keringat pada si kecil. Jadi, ketika anak terserang biang keringat, kita bisa langsung mengatasinya.

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak.

Keracunan

Seperti yang kita tahu bahwa saat anak berusia balita mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini menjadikan anak cenderung memasukkan apa-apa yang ada di sekitarnya ke dalam mulut. Alhasil anak pun keracunan. Inilah mengapa kita harus berhati-hati dalam memilihkan mainan untuk anak, pilihlah yang bahannya aman untuk anak.

Selain itu kita juga harus memastikan bahwa tidak ada benda-benda berbahaya di sekitar ruang bermain si kecil. Jauhkan bahan-bahan beracun yang dapat membahayakan anak, seperti: gas, pestisida, minyak tanah, gas dan produk pembersih rumah.

Gangguan pencernaan

Selain keracunan, anak juga sering mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini biasanya dalam bentuk konstipasi atau sulit BAB. Konstipasi ini umumnya diakibatkan kurangnya mengonsumsi makanan berserat, kebiasaan menahan BAB, mengonsumsi obat-obatan atau gangguan usus.

Mimisan

Karena pembuluh darah pada anak belum kuat, akhirnya menyebabkan anak mengalami mimisan. Pembuluh darah yang belum kuat ini umumnya akan pecah sehingga darah mengalir melalui hidung. Namun faktor genetik juga bisa menjadi salah satu pemicu mimisan. Mimisan ini sering dialami anak saat kelelahan. Darah mimisan akan keluar kurang lebih sekitar satu hingga tiga menit.

Infeksi Saluran Napas Atas

Infeksi saluran napas atas atau ISPA ini ditandai dengan adanya batuk, pilek dan demam. Gangguan kesehatan yang satu ini cukup membuat para orang tua merasa cemas, sebab demam pada balita yang mengalami ISPA umumnya mencapai 39 sampai 40 derajat celcius. Penyebab ISPA adalah virus dan bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari. Tapi akan lebih baik jika kita meminta resep dokter agar si kecil bisa segera sembuh.

Amandel

Penyakit ini menyerang area tenggorokan si kecil. Ditandai dengan sakit tenggorokan yang berlangsung hingga 48 jam dan ada rasa sakit ketika menelan. Bukan hanya itu saja, gejala lain yang muncul saat amandel adalah adanya bintik putih pada area amandel dan amandel membesar. Amandel ini disebabkan oleh adanya infeksi virus.

Biang keringat

Gangguan kesehatan biang keringan ini ditandai dengan adanya ruam merah pada kulit si kecil. Ruam merah itu akan terasa gatal dan panas. Biang keringat ini sering dialami anak saat cuaca terlalu panas atau lembab. Karena cuaca sering berubah-buah, itu artinya anak akan semakin rentan terkena biang keringat. Untuk itu sebaiknya kita mencari informasi tentang cara mencegah dan mengatasi biang keringat agar ketika anak mengalami biang keringat dapat segera ditangani.

Demikianlah beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami anak berusia balita. Selalu upayakan yang terbaik untuk si kecil agar anak bisa tumbuh dengan sehat dan menjadi anak yang senantiasa ceria.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*