Ingin Tahu Bagaimana Tanda Kehamilan Ektopik? Berikut Penjelasannya

Kehamilan Ektopik atau lebih dikenal dengan kehamilan di luar kandungan merupakan kehamilan yang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi justru menempel di luar rahim seorang wanita. Lebih tepatnya kehamilan tersebut terjadi pada tuba falopi atau saluran telur, serviks atau rahim. Pada umumnya kehamilan di luar kandungan ini tidak mampu bertahan lama, atau bisa bertahan dalam waktu beberapa minggu saja. Sebab kehamilan ini sering dianggap sebagai tanda keguguran pada awal kehamilan. Nah lalu apa saja nih tanda-tanda dari kehamilan di luar kandungan ini?

  1. Munculnya rasa nyeri yang cukup tajam.

Salah satu tanda ketika mengalami kehamilan di luar kandungan yaitu munculnya rasa nyeri yang cukup tajam yang rasa tersebut kemudian menjalar pada perut bagian bawah. Nah hal tersebut ternyata juga disertau pusing dan juga mual yang lebih parah daripada kehamilan normal pada umumnya.

  1. Mengalami muntah dan diare

Muntah dan diare yang tidak wajar juga menjadi salah satu tanda kehamilan di luar kandungan. Apabila terjadi hal ini, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

  1. Sakit perut pada bagian-bagian tertentu

Salah satu ciri daripada kehamilan ektopik yaitu munculnya rasa sakit pada bagian-bagian kanan ataupun kiri perut. Dimana pada umumnya rasa sakit ini terasa aneh dan hebat. Nah hal inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan pada bagian-bagian dalam tubuh. Dan pada umumnya pendarahan pada tubuh cukup sulit untuk terdeteksi dengan cepat kecuali dengan adanya bantuan dari dokter kandungan.

Nah setidak itulah 3 tanda-tanda terjadinya kehamilan di luar kandungan atau lebih sering disebut dengan ektopik. Dan kehamilan ini ternyata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel telur, diamana kerusakan sel telur ini akan mengakibatkan zigot tidak akan berkembang di dalam rahim secara sempurna. Kemudian disarankan kepada kaum wanita untuk tidak merokok. Sebab kebiasaan merokok penyebab ektopik yang terjadi pada wanita. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan kandungan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.