Ini Akibatnya Jika Berat Badan Anak Terabaikan

Berat badan bayi menjadi salah satu perhatian bagi para orang tua. Berat badan menjadi salah satu indikator anak dalam kondisi sehat dan bertumbuh dengan optimal. Jika berat badan anak meningkat secara konsisten maka bisa dikatakan bahwa anak tumbuh dengan baik dan optimal. Sebaliknya, jika berat badan konstan bahkan menurun bisa dikatakan bahwa ada gangguan pertumbuhan pada anak.

Sebagai orang tua, memantau pertumbuhan dan perkembangan anak adalah sebuah kewajiban. Orang tua wajib memberikan nutrisi terbaik bagi anak agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Namun, seringkali karena kesibukan, orang tua lupa untuk memantau bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang ditunjukkan oleh anak.

Tak sedikit orang tua yang mengabaikan berat badan anak. Padahal, status berat badan anak harus dipantau setiap bulan agar tidak terjadi penurunan berat badan. Sayangnya, hal seperti ini masih sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang tua yang masih cuek memantau status berat badan bayi.

Akibat Tidak Memantau Berat Badan Anak

Perlu diketahui bahwa tidak memantau berat badan anak menjadi salah satu kesalahan besar yang dilakukan oleh orang tua. Tidak memantau berat badan anak dapat memberikan akibat buruk yang jelas tidak diharapkan oleh semua orang tua. Inilah dia beberapa akibat buruk yang akan ditanggung jika berat badan anak tidak dipantau dengan baik :

  1. Pertumbuhan Anak Terhambat

Seperti kita ketahui bahwa berat badan menjadi salah satu indikator yang menunjukkan anak mengalami pertumbuhan yang optimal. Jika berat badan tidak terpantau dengan baik maka pertumbuhan anak juga akan terhambat. Jika tubuh anak tidak menerima nutrisi yang lengkap maka pertumbuhan juga akan terhambat.

  1. Perkembangan Tidak Optimal

Berat badan anak tidak hanya menunjukkan status pertumbuhan tetapi juga perkembangan anak. Jika anak mendapatkan nutrisi lengkap dan memiliki berat badan yang normal maka ia akan memiliki tubuh yang kuat untuk mengeksplorasi beragam hal di sekitarnya. Ia akan lebih mudah untuk berkembang sesuai dengan usianya.

  1. Fisik Tidak Bugar

Jika berat badan tidak bertambah dengan baik, maka tubuh anak akan menjadi lemas. Hal ini bisa berpengaruh pada penampilan fisik anak. Anak akan tampak tidak bugar dan terlihat lemas. Hal ini tentu tidak diharapkan oleh orang tua manapun. Semua orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh bahagia dengan kondisi fisik yang bugar.

  1. Mudah Terserang Penyakit

Berat badan menjadi indikator yang menunjukkan bahwa tubuh anak dalam kondisi yang kuat. Artinya, tubuh anak memiliki pertahanan yang kuat untuk melawan beragam jenis penyakit yang mungkin menyerang tubuh. Ketika orang tua lalai memantau berat badan anaknya, maka bisa jadi tubuh anak semakin melemah dan rentan terserang penyakit.

  1. Anak Kurang Gizi

Kondisi kekurangan gizi merupakan salah satu masalah yang banyak sekali terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan jelas karena kesalahan orang tua yang tidak maksimal memberikan nutrisi untuk anaknya. Orang tua tidak memantau dengan baik status berat badan anak secara teratur.

Jika orang tua terus lalai untuk memantau berat badan anak, maka bisa jadi orang tua tidak menyadari bahwa berat badan anak sudah menurun drastis. Kemudian berat badan anak jauh di bawah normal. Jika berat badan anak turun secara konsisten dan di bawah normal maka bisa dikatakan bahwa anak tersebut masuk kategori kekurangan gizi.

  1. Tertinggal dari Anak Lainnya

Jika orang tua tidak memantau berat badan anak dengan baik maka kondisi anak bisa saja tertinggal jauh dari anak lain yang seusia dengannya. Jika anda tidak ingin pertumbuhan anak jauh tertinggal dari anak lain maka anda harus berusaha semaksimal mungkin memantau status berat badan anak.

Dengan memantau berat badan anak secara teratur maka anda bisa menentukan apakah anak sudah mendapatkan nutrisi yang lengkap atau belum. Anda bisa mengetahui apakah anak bertumbuh dengan optimal atau tidak. Jika anda menemukan berat badan bayi justru menurun secara konsisten bahkan di bawah berat normal, maka anda sebagai orang tua bisa segera mengambil tindakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*