Inilah Cara Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Cara melakukan perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar harus diketahui oleh para ibu. Sebab kebahagiaan dalam sebuah keluarga semakin sempurna dengan hadirnya buah hati. Tangis bayi dan wajah menggemaskan mulai mewarnai hari-hari. Rasa-rasanya memang tidak ada kata yang tepat untuk mengungkapkan betapa bahagianya memiliki buah hati. Sehingga Anda harus mengupayakan yang terbaik untuk si kecil.  Termasuk memahami betul tentang cara melakukan perawatan bayi baru lahir.

Apabila kelahiran kali ini adalah kelahiran anak pertama, maka bisa jadi Anda masih kikuk karena belum berpengalaman merawat bayi. Apalagi banyak sekali saran-saran yang diberikan oleh keluarga maupun teman. Alhasil Anda pun bingung dibuatnya. Nah, agar tak lagi bingung, berikut adalah cara melakukan perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar yang perlu Anda ketahui.

Ajak Bayi Berjemur di Matahari Pagi

Tentu Anda sudah sangat familiar bahwa sinar matahari yang bisa diserap dengan baik oleh kulit adalah sinar matahari di antara pukul 07.00 – 08.00. Karenanya upayakan untuk mengajak bayi berjemur minimal selama 15 menit dan maksimal 30 menit pada waktu-waktu tersebut.

Sebaiknya bayi cukup dipakaikan popok saja saat berjemur. Ini bertujuan supaya sinar matahari pagi yang menyehatkan ini langsung mengenai kulit si kecil. Sesekali posisikan bayi dalam keadaan tengkurap dan terlentang agar sinar matahari menyentuh kulit secara merata. Pakaikan kacamata hitam atau tutup mata bayi menggunakan pelindung agar tidak silau.

Rutin Memijat Bayi

Bayi selalu menggemaskan, lihat saja betapa lucunya ketika bayi aktif bergerak. Kakinya menendang-nendang dan tangannya pun seolah-olah ingin meraih sesuatu. Meski terlihat sepele, bisa jadi hal ini juga membuat bayi kecapekan. Untuk itu usahakan memijat bayi secara rutin. Cukup mengusap-usap seluruh bagian tubuh bayi dengan lembut. Ini akan membuat bayi lebih rileks dan peredaran darahnya lancar.

Memperdengarkan Musik Klasik

Sebenarnya ini juga baik dilakukan saat bayi masih berada di dalam kandungan. Namun akan lebih jika sesudah bayi lahir Anda tetap memperdengarkan musik klasik pada bayi. Musik yang sering diperdengarkan untuk bayi adalah jenis musik mozart. Banyak ahli menyatakan bahwa musik mozart ini baik untuk bayi; bayi lebih rileks sehingga tidak mudah rewel dan musik mozart ini mampu merangsang kecerdasan otak pada bayi.

Jangan Langsung Membaringkan Bayi Usai Disusui

Ketika Anda selesai menyusui bayi, pastikan Anda tidak langsung membaringkannya. Jadi posisikan bayi dalam keadaan setengah duduk atau menyangga kepala dengan bantal (supaya kepala lebih tinggi dari kaki). Setelah itu tepuk-tepuk lembut punggung bayi agar bayi bisa sendawa. Sendawa inilah yang menandakan bahwa susu yang diminum bayi sudah masuk ke saluran pencernaan.

Demikian beberapa cara melakukan perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar. Setiap ibu memiliki cara masing-masing untuk menjaga dan melindungi buah hatinya. Namun, pastikan pula bahwa yang Anda lakukan itu benar dan baik untuk daya tumbuh kembang bayi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*