Investasi Saham untuk Penempatan Dana yang Aman dan Menguntungkan

Saham merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan sebagai bukti bagian kepemilikan dari perusahaan yang mengeluarkan surat berharga tersebut. Pada umumnya saham oleh sebuah perusahaan akan diterbitkan dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan pendanaan pada perusahaan tersebut, dimana saham atau surat berharga tersebut nantinya akan dilelang secara khusus oleh perusahaan melalui berbagai perusahaan manager investasi, yang memang memiliki kewenangan untuk membantu para calon investor menanamkan dana yang mereka miliki dalam bentuk investasi saham. Jika seseorang telah memberi saham pada sebuah perusahaan, maka nantinya keuntungan yang diperoleh perusahaan akan juga dirasakan oleh para pemilik saham tersebut.

Tidak hanya dalam hal keuntungan saja, namun kerugian yang ditanggung oleh perusahaan pun pada umumnya juga akan turut dirasakan oleh para pemilik saham. Besarnya kerugian yang nantinya dibebankan oleh para pemilik saham, akan lebih diperhitungkan sesuai dengan jumlah kepemilikan saham yang mereka miliki. Secara umum, saham sendiri dibagi atas 2 kategori utama, yaitu:

  • Saham biasa, yaitu saham yang dikeluarkan dalam bentuk sertifikat sebagai bukti kepemilikan dari perusahaan pengeluaran saham tersebut. Para pemegang saham, nantinya akan memiliki hak untuk memperoleh keuntungan dari deviden atau pendapatan tetap dari perusahaan, serta menanggung resiko kerugian sesuai dengan besarnya saham yang mereka miliki.
  • Saham preference, yang merupakan saham yang memiliki hak lebih dibanding dengan saham biasa, dimana para pemegang saham, nantinya akan mendapatkan keuntungan dari deviden terlebih dahulu, selain itu para pemegang saham ini juga memiliki hak suara untuk menentukan direksi yang dipilih untuk dapat terlibat dalam jajaran direksi pada perusahaan tersebut. Saham jenis ini lebih dikenal sebagai gabungan antara obligasi dan saham biasa.

Jika Anda masih awam dalam dunia jual beli saham namun ingin menempatkan dana yang Anda miliki untuk berinvestasi, maka lebih disarankan bagi Anda untuk mempercayakan pembelian berbagai saham yang Anda inginkan melalui perusahaan manager investasi terpercaya. Trimegah Sekuritas merupakan salah satu perusahaan manager investasi terbaik yang dapat Anda pilih sebagai mitra Anda dalam menanamkan sejumlah dana untuk investasi yang menguntungkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*