Kuliah di Luar Negeri, Siapkan Diri dengan Baik

Apakah kuliah di laur negeri merupakan pilihan terbaik? Apalagi kuliah jurusan manajemen mungkin Bisa ‘ya’, bisa juga ‘tidak’. Jawabannya tergantung situasinya. Sedangkan jika ada pertanyaan tentang apakah universitas luar negeri lebih bagus daripada universitas dalam negeri, jawabannya sudah tentu tidak. Karena, universitas dalam negeri juga tidak sedikit yang memiliki reputasi baik, bahkan sudah diakui kualitasnya oleh dunia.

Namun, harus diakui jika kuliah di luar negeri memiliki kelebihan tersendiri. Belajar di negeri orang tentu akan memberikan banyak pengalaman dan peluang baru. Kita tidak hanya datang ke negara tersebut untuk menimba ilmu di kampus saja, tapi kita juga tinggal di lingkungannya, mempelajari budaya mereka dan bersosialisasi dengan orang-orang tidak hanya warga negara aslinya tapi juga pendatang dari negara lain. Eropa menjadi salah satu benua dimana negara-negaranya memiliki banyak universitas ternama dengan ranking universitas teratas. Tidak heran jika Eropa banyak dipilih oleh mereka yang ingin belajar ke luar negeri. Selain benua Eropa, bagi orang Indonesia, Australia pun menjadi tujuan favorit untuk belajar di luar negeri. Salah satu alasannya tidak lain karena jaraknya yang begitu dekat dengan tanah air. Namun, selain hal tersebut, adanya universitas ternama dunia seperti Universitas Adelaide juga menjadi alasan penting untuk menjamin kualitas pendidikannya.intro-1-752x440

Kuliah di luar negeri mengajarkan kita agar bisa hidup lebih mandiri, lebih teratur, dan belajar menjadikan diri agar menjadi pribadi yang kuat dalam berbagai situasi. Karena, tidak jarang saat hidup sendiri seperti itu, jauh dari keluarga, kita dihadapkan pada keadaan harus mengatur keuangan sendiri agar tetap cukup, kemana-mana sendiri, dan harus berani. Walaupun tinggal sendiri dan kita bebas karena tidak ada aturan seperti halnya saat tinggal di rumah – di Indonesia, namun bukan berarti kebebasan yang kita miliki bisa kita gunakan seenaknya. Justru, kebebasan tersebut menjadi sesuatu yang harus bisa kita pertanggungjawabkan. Oleh karena itu, bagi para orangtua yang akan melepas anaknya kuliah ke luar negeri, harus bisa memastikan jika sang anak benar-benar bisa bertanggung jawab pada apa yang akan dilakukannya, tahu mana yang baik dan buruk, mana yang sesuai dengan agama, serta dengan budaya kita sebagai orang Indonesia. Sehingga, walaupun tinggal di luar negeri dengan segudang kebebasan yang ditawarkan, anaknya bisa membawa dirinya pada lingkungan barunya tanpa melupakan batasan-batasan yang harus dimilikinya tersebut. Dengan hal tersebut, anak juga jadi bisa memilih teman yang tepat.

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*