Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Pada Buah Hati

Pemberian ASI eksklusif pada bayi sangat disarankan. Sehingga dalam hal ini ASI diberikan selama 6 bulan pertama tanpa memberikan asupan makanan lainnya. Semua ibu ingin memberikan ASI ekslusif bagi buah hatinya, namun terkadang ada kondisi tertentu yang kemudian membuat ibu terpaksa memberi susu formula.

ASI memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Air susu yang diproduksi oleh tubuh secara alami ini mengandung vitamin, protein, dan lemak. Bentuk ASI lebih mudah dicerna dari pada susu formula.

Tidak hanya bayi saja merasakan dampak positif dari ASI, lebih dari itu ibu yang memberikan ASI kepada bayinya juga akan merasakan manfaatnya. Berikut adalah manfaat dari pemberian ASI eksklusif yang dapat dirasakan oleh bayi dan ibu.

Bayi Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh Yang Kuat

Zat antibodi yang terkandung dalam ASI bisa membantu melawan segala bakteri dan virus yang mengancam kesehatan bayi. Sehingga dapat memperkecil resiko untuk terserang penyakit seperti infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, diare, konstipasi, dan meningitis. Antibodi yang didapat dari ASI ibu juga dapat melindungi bayi dari serangan asma, alergi dan eksim.

Mendukung Kecerdasan Si Kecil

Jika menginginkan anak yang cerdas coba deh menanamkan bibitnya sejak anak Anda masih kecil ketika masih di usia bayi yakni dengan memberikan ASI ekslusif selama enam bulan. Menurut para ahli, yang berperan penting pada kecerdasan dan otak bayi adalah asam lemak yang terkandung dalam ASI. Disamping itu ketika proses menyusui akan terjadi hubungan emosional antara ibu dan buah hati yang turut memberikan kontribusi.

Bahkan dalam penelitian dibuktikan bahwa lama usia menyusui juga berpengaruh terhadap mental anak. Apabila semakin lama usia menyusui maka resiko gangguan mental pada anak juga akan berkurang.

Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

Pemberian ASI ekslusif juga akan sangat mempengaruhi berat badan bayi. Bayi memiliki berat badan yang ideal apabila diberikan ASI ekslusif, berbeda dengan bayi yang diberikan susu formula, berat badannya tidak stabil terkadang malah berlebihan.

Apa yang menyebabkan hal tersebut? Perlu Anda ketahui bahwa dalam ASI mengandung lebih sedikit insulin dibandingkan dengan susu formula. Insulin inilah yang bisa menyebabkan pembentukan lemak. Dan salah satu cara untuk mencegah obesitas pada si kecil ialah dengan memberikan ASI eksklusif.

Tulang Bayi Lebih Kuat

Dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama tiga bulan atau lebih akan menjadikan tulang leher dan tulang belakang bayi lebih kuat. Berbeda jika dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI selama kurang dari tiga bulan atau bahkan tidak diberikan sama sekali.

Mengurangi Pendarahan

Manfaat pemberian ASI ekslusif juga bisa didapatkan oleh ibu, salah satunya yakni mengurangi pendarahan. Hal ini dikarenakan hormon oksitosin yang dikeluarkan oleh ibu saat menyusui dapat membantu rahim berkontraksi. Disamping mengurangi pendarahan rahim setelah melahirkan juga mengembalikan bentuk rahim seperti sebelum hamil.

Menghemat Pengeluaran

Dengan memberikan ASI eklsusif tentunya sudah tidak lagi mengeluarkan uang untuk keperluan membeli susu formula. Jadi bisa menghemat dan mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

Ternyata pemberian ASI eksklusif pada bayi memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan juga membantu tumbuh kembang buah hati. Ketika masih dalam masa menyusui hal yang harus diperhatikan adalah asupan yang masuk ke dalam tubuh ibu.

Sangat penting menjaga asupan dan menerapkan pola makan yang sehat guna menghasilkan kualitas ASI yang baik. Untuk itu, tetap semangat memberikan ASI ekslusif pada buah hati Anda, memberikan yang terbaik untuk si kecil sejak dini itu sangat penting.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.