Memilih Makanan Sehat Untuk Anak

Seperti yang telaj kita ketahui makan sehat untuk anak sangat  membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan-makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Anda juga harus mengetahui, anak-anak harus menghindari makanan olahan atau yang banuak bahan kimia dan makanan ringan yang terlalu banyak gula, karena hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Makanan yang bergizi untuk anak-anak berbeda dengan orang yang sudah dewasa, Karena anak-anak harus membutuhkan banyak kalori namun sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan baik, namun diet rendah lemak dianjurkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.  Sementara untuk balita membutuhkan diet yang mengandung jumlah lemak yang baik.

Wortel : Wortel sudah sangat dikenal akan kandungan betakaroten, yaitu merupakan senyawa yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A juga merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata dari efek radikal bebas.

Popcorn : Merupakan sumber biji-bijian yang rendah kalori dan lemak, popcorn dianggap sebagai makanan sehat bagi anak-anak. Karena makanan ini dibuatnya tanpa menggunakan minyak, hal ini bisa dapat menjadi pilihan yang bergizi di antara waktu makan. Hal ini dapat dicampur dengan bahan-bahan lain seperti buah kering atau kacang-kacangan agar menjadi makanan yang bergizi.

Alpukat:  35% dari kalori anak-anak harus disediakan dari lemak, terutama lemak yang tak jenuh. Buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik. Alpukat matang bisa dengan mudah tumbuk dan dicampurkan kedalam jus lemon dan garam untuk meningkatkan kalori. Alpukat harus diberikan kepada anak-anak sejak usia dini, sebagai asupan lemak yang sangat penting terutama pada tahun-tahun awal kehidupan mereka.

Sereal: Cemilan Yang sangat bagus bagi seorang anak adalah sereal. Pilihlah sereal yang berasal dari biji-bijian  seperti gandum karena banyak mengandung fiber,vitamin dan mineral. Kandungan fiber dalam sereal sangat bagus untuk menambah pencernaan sikecil.

Buah-Buah segar: Beberapa para ahli merek omendasikan buah seperti manga, apel, melon, pir dan pisang adalah buah yang sangat cocok  diberikan kepada sikecil karena buah-buahan sangat banyak mengandung vitamin-vitamin yang diperlukan untuk tumbuh kembang seorang anak.

Keju: Keju merupakan jenis makanan yang dibuat dari susu sapi, yang mana susu sapi kaya akan protein dan vitamin. Protein  yang ada di dalam keju dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan si kecil.

Inilah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk anak anda di rumah agar terlindungi dari berbagai hal penyakit yang tidak diinginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*