Mengenal Variasi Makanan Berbahan Dasar Tahu Asli Nusantara

Makanan lezat tak selalu identik dengan harga yang mahal. Karena Indonesia justru punya variasi makanan yang sangat beragam dan menarik. Kreativitas mengolah makanan khas nusantara tercermin melalui aneka olahan tahu di berbagai daerah Indonesia.

Jangan ngaku pencinta tahu bila belum pernah mencicipi aneka makanan istimewa berikut ini:

Tahu Pletok

Tahu pletok merupakan salah satu camilan khas Tegal yang sangat disukai. Tahu kuning yang dipotong diagonal akan diisi dengan adonan sagu (aci), daun bawang, dan bumbu. Bahan dasar sagu tersebut membuat tahu berbunyi “pletok” ketika digoreng. Seporsi tahu pletok hangat sangat lezat bila disantap dengan pelengkap berupa sambal kecap manis.

Tahu Gejrot

Kalau berkesempatan jalan-jalan ke Cirebon, jangan lupa mampir untuk menikmati tahu gejrot. Hidangan yang satu ini terdiri dari potongan tahu pong yang dicampur dengan kuah gula merah yang diulek bersama cabai dan bawang. Rasanya sangat segar dan cukup mengenyangkan.

Tahu Tek

Tahu tek adalah hidangan khas Surabaya yang sangat populer. Seporsi tahu tek terdiri dari potongan tahu hangat, lontong, timun, dan kentang goreng yang disiram dengan kuah petis. Karena terdiri dari bahan isian yang bervariasi, tahu tek cukup mengenyangkan dan bisa menjadi pengganti hidangan utama.

Pepes Tahu

Para penggemar hidangan khas Jawa Barat pasti sudah tak asing lagi dengan pepes tahu. Olahan tahu yang satu ini biasanya disajikan untuk melengkapi sepiring nasi hangat. Pepes tahu terbuat dari campuran tahu dengan bumbu-bumbu seperti salam, daun sereh, cabai, dan bawang merah. Meskipun tampak sederhana, sajian pepes tahu hangat senantiasa berhasil menggugah selera makan.

Tahu Gimbal

Tahu gimbal khas Lamongan terdiri bahan isian yang komplit. Bahan dasar berupa gimbal (sejenis bakwan udang), tahu goreng, irisan kol mentah, timun, tauge, dan telur disiram dengan campuran bumbu petis dan kacang. Cita rasanya sangat istimewa dan biasa disajikan dalam porsi besar.

Kesempatan liburan keliling nusantara harus dimanfaatkan untuk mencicip aneka hidangan berbahan dasar tahu. Sekarang, mari siapkan dulu asuransi perjalanan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tak perlu menunda-nunda rencana untuk mengurus asuransi travel.

Jika tak ingin repot, siapkan saja asuransi perjalanan tahunan untuk memfasilitasi aktivitas liburan kita selama setahun penuh. Rencana berlibur sembari berwisata kuliner akan semakin lancar dengan perlindungan maksimal dari asuransi perjalanan berkualitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*