Selain Museum, Ternyata “Kuburan” Khusus Untuk Kereta Api

Bicara transportasi umum yang kaya akan nilai sejarah, maka kereta api adalah salah satunya. Kereta bahkan sudah ada sejak jaman penjajajahan Belanda, ratusan tahun yang lalu dan semua cerita-ceritanya biasa ditemukan di museum-museum kereta yang memang sengaja dibuat oleh PT KAI.

Di museum ini kita bisa melihat langsung berbagai macam cerita-cerita tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Selain museum, terdapat beberapa tempat lainnya yang bisa kita tuju untuk mengenal berbagai macam hal yang terkait dengan alat transportasi yang satu ini.

Tempat ini identik dengan sebutan “kuburan” kereta. Namun, pada kenyataannya tempat ini tidak seseram itu. Kuburan kereta yang dimaksud adalah tempat gerbong-gerbong kereta yang sudah tidak digunakan lagi kemudian disatukan di sebuah tempat khusus.

Nah, bagi yang ingin mengetahui seperti apa saja museum-museum atau tempat-tempat penyimpanan gerbong  kereta-kereta yang berasal dari masa lalu, berikut uraiannya. Oh ya, kalau mau mengunjunginya, kamu juga bisa menjangkaunya menggunakan kereta api loh. Untuk tiket kereta yang murah, kamu bisa beli di aplikasi Traveloka.com.

  1. Museum Kereta di Bondowoso

sumber:adasaja.net

Salah satu museum yang disiapkan oleh PT KAI terletak di Bondowoso, Jawa Timur tepatnya. Di museum ini kita bisa menemukan satu gerbong bersejarah. Gerbong ini terdiri dari tiga rangkaian dan pernah digunakan untuk menampung sekitar 100 pejuang Indonesia yang menjadi tahanan Belanda di zaman penjajahan.

Sejarah Gerbong ini sendiri sedikit kelam karena 100 tahanan ini kemudian wafat karena kelaparan dan ruang udara yang tidak banyak hingga akhirnya perjalanan dari Bondowoso menuju Surabaya menewaskan semua pejuang Indonesia saat itu.

Selain itu, di museum bersejarah ini kita juga bisa mendapatkan informasi-informasi lainnya tentang sejarah kereta Indonesia di zaman penjajahan, seperti tampilan lokomotif-lokomotif dan tulisan-tulisan serta pengalaman lainnya tentang kereta api di masa perjuangan.

  1. Stasiun Sidotopo, Surabaya

sumber: instagram.com/yokisetiawan

Tempat berikutnya yang bisa disebut sebagai museum kereta adalah Stasiun Sidotopo, Surabaya. Sebenarnya stasiun ini masih aktif dan digunakan sebagai tempat istirahat sebuah kereta, hingga kereta khusus yang digunakan untuk mengangkut barang.

Namun, di tempat ini terdapat juga beberapa gerbong-gerbong antik yang punya catatan sejarah khusus. Hanya saja untuk memasuki kawasan ini tidak bisa sembarangan.

Setiap pengunjung yang datang harus punya ijin terlebih dahulu untuk bisa melihat lebih dekat dengan gerbong-gerbong antik yang tersusun rapi di Stasiun Sidotopo.

  1. Balai Yasa, Yogyakarta

sumber:instagram.com/ardiantnugraha

Lanjut ke daerah Yogyakarta, terdapat sebuah tempat yang juga digunakan sebagai tempat penyimpanan bangkai gerbong atau kereta yang sudah tidak terpakai lagi.

Balai Yasa sendiri sebenarnya merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan perawatan pada beberapa kereta jarak jauh. Lokasinya pun sangat dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga tidak jarang beberapa rangkaian kereta atau lokomotif lalu lalang di sekitar pemukiman warga.

Nah, sedikit tentang tempat ini, di Balai Yasa ada tersimpan satu gerbong bersejarah yang menjadi saksi bisu kecelakaan kereta api di Bintaro, Tangerang yang terjadi pada tahun 1987 silam.

Selain bekas rangkaian kereta tragedi Bintaro, di tempat ini juga terdapat beberapa gerbong kereta usang dan sudah tidak terpakai lagi.

Sekali lagi, jika ingin masuk ke area sisa-sisa gerbong kereta, kita harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pihak Balai Yasa.

Baca juga : Tips Wisata Backpacker

  1. Museum kereta di Ambarawa

sumber:semarangplus.com

Selain museum resmi kereta di Situbondo, terdapat satu tempat lagi yang juga merupakan museum resmi kereta api di Indonesia. Tempatnya adalah di Ambawara, Semarang, Jawa Tengah.

Ambarawa yang punya suasana sejuk menjadikan museum ini merupakan salah satu tempat wisata yang dipilih oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke Semarang.

Museum kereta di Ambarawa ini memiliki 22 buah lokomotif uap yang biasa kita lihat di film zaman dahulu.

Perjalanan wisata akan lebih terasa dengan menikmati perjalanan menggunakan kereta uap melalui Ambarawa Railway Mountain Tour sambil melihat pemandangan alam yang menyejukkan di sekitar Ambarawa.

  1. “Kuburan” kereta di Purwakarta

sumber:netralnews.com

Satu lagi tempat “kuburan” kereta tua yang layak untuk dikunjungi adalah di stasiun kereta Purwakarta. Jika wisatawan sedang menuju daerah Bandung, maka pasti akan melihat stasiun ini dari balik jendela. Beberapa gerbong-gerbong kereta baik untuk bepergian jarak jauh atau jarak dekat seperti Commuter Line yang sudah tidak digunakan lagi di tumpuk di tempat ini.

Tidak ada misteri-misteri yang berada di tumpukan gerbong kereta di stasiun Purwakarta. Justru kesan-kesan vintage dan romantis, karena tumpukan gerbong yang ada memiliki warna yang beragam.

Bahkan tidak jarang  beberapa fotografer menjadikan tumpukan gerbong ini sebagai objek foto, dan beberapa pasangan terlihat melakukan foto pre-wedding di antara tumpukan gerbong di stasiun Purwakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*