Tips Belanja Aman Online Untuk Hindari Penipuan

Melakukan belanja secara online untuk sekarang ini selain mempermudah dalam transaksi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri. Baik di perkotaan atau di desa yang sudah terjangkau dengan internet banyak yang memanfaatkan berbagai layanan dalam internet untuk berbagai keperluan seperti belanja online ini. Namun untuk bertbelanja secara online perlu diperhatikan bagaimana belanja aman dengan sistem online.

Bisa berbelanja secara online tentu bisa lebih memudahkan dan lebih praktis untuk dilakukan, akan tetapi sebagai perlindungan untuk keamanan ada baiknya anda melakukan tips-tips untuk berbelanja secara aman berikut ini.

  1. Gunakan kunci login yang aman. Melakukan perlindungan untuk akun online dengan mengaktifkan autentifikai yang kuat bisa menjadi pilihan terbaik. Hal seperti ini diperlukan mengingat kata sandi saja tidak akan cukup dalam melindungi akun media sosial ataupun email.
  2. Perhatikan perangkat yang digunakan. Penggunaan perangkat yang sudah lama tidak diupdate dan terhubung bisa saja mudah terinfeksi dengan malware atau virus yang lainnya. Ini untuk menghindari kemungkinan terkena malware yang dimanfaatkan untuk mengambil alih penggunaan media sosial ataupun email anda.
  3. Membuat kata sandi yang rumit. Mudah tidaknya kata sandi bisa juga menentukan belanja anda apakah aman atau tidak. Kata sandi yang mudah dijebol biasanya merupakan kata sandi biasa dengan kekuatan yang lemah. Dari itu anda bisa membuat sandi yang sulit setidaknya memiliki 12 karakter, yang penting anda mengetahuinya dan tidak mudah diberitahu ke orang lain.
  4. Bagaimana pembayaran. Toko online yang aman jika dalam pembayaran dengan sistem transfer pasti dalam namanya adalah milik perusahaan bukan milik nama seseorang. Dari itu dalam transaksi pembayaran yang dilakukan haruslah lebih teliti kemana uang anda akan dikirim.
  5. Belanja di situs terpercaya dan aman. Melakukan belanja di situs yang sudah terbukti akan keamanannya bisa menjadi pilihan utama dibandingkan dengan memilih situs baru untuk berbelanja yang kurang dikenal atau terjamin akan keamanannya. Untuk hal ini blanja.com bisa menjadi pilihan belanja aman yang anda gunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*