Tips Melahirkan Dengan Normal dan Lancar

Momen yang paling mendebarkan bagi para ibu hamil adalah waktu persalinan berlangsung. Melahirkan bukanlah proses main–main karena ini berkaitan dengan nyawa ibu dan bayi. Sebagian ibu bisa melewati masa sulit persalinan dengan lancar, ada pula sebagian lainnya yang harus berakhir dengan tindakan. Para ibu hamil juga harus peka dengan tanda–tanda persalinan yang akan berlangsung.

Bagi Anda yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak kesulitan dalam menyiapkan persalinan. Lain halnya untuk Anda yang baru pertama kali hamil dan akan melahirkan. Butuh persiapan fisik dan mental yang baik supaya persalinan dapat berlangsung dengan lancar. Lalu bagaimana cara agar dapat menjalani persalinan dengan lancar? Berikut adalah beberapa tips yang bisa para ibu hamil lakukan:

Mempersiapkan mental sebaik–baiknya

Hal pertama yang harus Anda persiapkan menjelang masa persalinan adalah membangun mentalitas. Mental yang positif akan menjadi faktor yang menentukan jalannya proses persalinan. Sedangkan pikiran negatif bisa merangsang perilaku yang negatif juga. Jadi, sejak awal proses persalinan, lebih baik ibu harus percaya dan yakin dapat melahirkan dengan normal. Pemikiran yang positif bisa membuat ibu menjadi lebih aktif dalam tindakan persalinan dan dapat membuat proses persalinan berjalan dengan lancar.

Usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat

Untuk ibu yang akan melewati proses persalinan, usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup sebelumnya. Karena proses persalinan dari tahap awal hingga akhir akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Istirahat bisa dengan tidur walaupun sebentar untuk menghemat tenaga dan bisa menyegarkan tubuh kembali. Karena jika Anda kehabisan energi, maka akan menghambat jalannya proses persalinan (ibu tidak kuat mengejan).

Mengikuti segala instruksi penolong persalinan

Jika Anda mengikuti dan mematuhi segala instruksi dari penolong persalinan, maka proses melahirkan Anda pun akan berjalan dengan lancar. Dokter atau perawat akan memandu Anda dalam mengatur posisi ketika melahirkan, mengajarkan teknik mengejan, atau menginjeksi obat. Jangan lupa pula untuk mengikuti dan memperhatikan prosedur persalinan agar seluruh proses bisa berjalan lancar.

Itu dia beberapa tips untuk Anda para ibu hamil yang ingin dapat melahirkan dengan lancar. Semoga bisa membuat Anda lebih optimis lagi untuk bisa melahirkan secara normal. Karena sejatinya, setiap ibu di dunia ini ingin bisa melahirkan dengan normal tanpa bantuan medis atau operasi.

Untuk para ibu hamil juga bisa memperbanyak membaca informasi seputar kehamilan, contohnya informasi mengenai tanda – tanda persalinan yang semakin dekat. Informasi itu bisa didapatkan darimana saja, bisa melalui buku, majalah, atau bisa mencarinya via internet. Anda bisa membaca banyak informasi seputar orang tua dan anak di website Parenting Club. Jadilah orang tua terbaik untuk buah hati tercinta.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*