Tips Tepat untuk Mendapatkan Warna Cat Tembok yang Terbaik

Untuk bisa mendapatkan cat tembok terbaik tentunya perlu diawali dengan cermat dalam menentukan pilihan. Ada baiknya memilih belanja cat tersebut secara langsung karena kalau belanja online dikhawatirkan salah dalam menentukan warna. Belum lagi dengan biaya ongkos pengirimannya bisa jadi sangat mahal karena cat merupakan benda cair dan lumayan berat. Cat tembok akan membantu melindungi dinding sekaligus memperbaiki tampilannya maka tidak berlebihan kalau sedikit hati-hati dalam menentukan pilihan.

Mengingat cat tembok yang tersedia di pasaran hadir dalam beberapa pilihan warna, ada yang cenderung lembut ada yang sebaliknya. Tentunya dalam memilih warna perlu disesuaikan dengan selera dan usahakan sudah tepat dalam mengambil pilihan. Sebab beberapa orang mengeluh salah memilih warna karena merasa tampilan sampel di buku katalog berbeda dengan warna aslinya. Rencana Anda memilih warna kuning keemasan malah mendapatkan warna kuning kecoklatan. Mengecewakan bukan?

Tips Tepat Dalam Memilih Warna Cat Dinding

Melihat pilihan warna cat dinding begitu banyak maka perlu teliti dalam menentukan pilihan, agar tidak salah maka simak beberapa tips di bawah ini:

  1. Pulaskan dulu pada selembar kertas,

Kesalahan dalam mengambil warna kerap terjadi karena hanya mengandalkan informasi dari katalog saja. Ada baiknya mencoba memulaskan sedikit cat dinding tersebut ke selembar kertas untuk memastikan warna tersebut pas dengan keinginan. Tentu lebih efisien dibanding bolak-balik antara toko cat dengan rumah.

  1. Baiknya ditumpuk sampai beberapa kali,

Dalam teknik mengecat dinding rumah diperlukan beberapa kali oles untuk bisa menampilkan warna yang sesuai dengan keinginan. Misalnya saja Anda menghendaki cat tembok terbaik dengan warna putih, kalau dioles sekali saja maka cenderung tipis. Warna cat dasar yang ditumpuk tetap akan terlihat meski berupa bayangan sehingga warnanya pudar. Anda bisa menambahkan polesan lagi supaya lebih tebal dan warnanya terlihat sempurna, sehingga benar-benar pas dengan harapan.

  1. Perhatikan warna cat di bawah cahaya lampu,

Salah satu penyebab lain yang membuat pemilihan warna cat menjadi tidak sesuai keinginan adalah melihatnya di ruangan yang minim cahaya. Mengingat cat dinding ini akan di dekatkan dengan cahaya lampu maka perhatikan warna catnya di bawah cahaya lampu juga. Tindakan ini akan memastikan warna cat terlihat lebih jelas, sehingga setelah menutup dinding Anda merasa puas dengan pilihan warna yang diambil. Kenyamanan pun akan dirasakan ketika bersantai di ruangan tersebut.

  1. Disesuaikan dengan posisi rumah,

Rupanya dalam menentukan warna tidak hanya disesuaikan dengan selera saja melainkan perlu disesuaikan dengan arah hadap rumah yang ditempati. Akan lebih sesuai dan rumah nampak lebih sedap dan nyaman dipandang kalau warnanya terasa menyatu dengan sempurna. Tipsnya adalah ketika rumah menghadap ke arah sinar matahari, misal menghadap ke timur maka pilih warna yang netral. Warna netral akan membuat bangunan rumah terlihat apik dan warna dindingnya benar-benar sedap dipandang.

  1. Baiknya terlihat cocok dengan furniture di dalam ruangan,

Jenis dan warna furniture yang ditempatkan di dalam sebuah ruangan juga menjadi modal untuk menentukan warna cat dinding yang dipakai. Ketika memakai furniture bergaya klasik, yang warnanya cenderung gelap maka pilih warna terang di dinding. Kalau menggunakan furniture modern yang lebih kaya warna dianjurkan mencoba warna cat ke triplek dulu kemudian di dekatkan ke furniture utama, misal kursi. Kalau sudah cocok maka warna cat tembok terbaik sudah didapatkan dan bisa langsung memoles dinding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*