Yuk Intip Cara Hemat Mengelola Budget Pernikahan

Kesiapan mental dan keteguhan hati bukan satu-satunya syarat dalam memutuskan untuk menikah. Selain itu, biaya pernikahan juga perlu dipersiapkan. Untuk itu penting bagi Kamu untuk tahu trik untuk mengelola budget pernikahan 15 juta yang telah disiapkan.

Permasalahan yang umumnya ditemukan bagi pasangan yang ingin menggelar pernikahan adalah masalah budget. Alhasil tidak sedikit yang mengkamulkan bantuan dari hutang atau pinjaman bank untuk membiayai momen sekali seumur hidup tersebut. Banyak alasan yang melatarbelakanginya, bisa juga karena gengsi tidak ingin dipkamung tidak mampu oleh masyarakat, teman maupun keluarga besar.

Sebenarnya bukan menjadi alasan untuk menggelar pernikahan yang mewah hanya karena menuruti gengsi. Karena bagian yang pokok dan penting dalam pernikahan itu adalah ucapan sah pasangan baru sebagai suami istri. Masalah menggelar pesta itu hanya sebagai tambahan saja, bagi yang mampu menggelar ya silahkan bagi yang tidak cukup semampunya saja, sebaiknya seperti itu.

Tidak ada kewajiban yang mengharuskan pasangan pengantin menggelar pesta dengan mewah dan megah untuk merayakan serta berbagi kebahagiaan. Biaya untuk pernikahan berasal dari pinjaman hanya akan menjadikan beban, bukan bahagia selama-lamanya tapi malah sengsara di akhir karena harus membayar sekian cicilan. Ini yang akan dirasa jika Kamu salah memilih penyedia pinjaman.

Namun semua kembali pada pribadi Kamu masing-masing. Sebenarnya sah dan wajar saja jika Kamu ingin menggelar pesta pernikahan yang berkesan. Apalagi pernikahan ini hanya akan dilakukan sekali, sehingga membuatnya menjadi momen tak terlupakan merupakan hal yang lumrah. Tidak perlu banyak, budget pernikahan 15 juta akan cukup untuk merangkai pesta pernikahan yang indah.

Lagi pula melakukan pinjaman juga disarankan selama penyedia jasa pinjaman yang dipilih tersebut terbukti profesional. Nah apa yang harus dilakukan untuk bisa mengelola budget pernikahan dengan baik? Simak ulasannya di bawah ini.

Membandingkan harga

Kamu harus rajin survei berbagai tempat untuk membandingkan harga keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk persiapan pernikahan. Harga yang perlu dibandingkan diantaranya gedung, undangan, catering, souvenir dan lain sebagainya.

Harga dan diskon yang ditawarkan setiap vendor pasti berbeda. Agar pengeluaran tidak membengka,k baiknya rinci apa saja yang dibutuhkan di dalamnya dengan memberikan nominalnya sekalian. Hal ini untuk menghindari pembengkakan biaya.

Sesuaikan dengan budget tarif yang kamu bandingkan. Hindari membelanjakan berbagai hal yang tidak perlu, hal ini malah akan menambah pengeluaran yang tidak jelas.

Resepsi pernikahan di rumah

Dua tempat yang ditawarkan untuk menggelar acara resepsi pernikahan. Memilih di gedung atau di rumah saja. Untuk menghemat biaya memang lebih baik di gelar di rumah saja. Apabila budget kamu tipis baiknya memilih menggelar acara di rumah saja, yang paling penting kamu kreatif dalam mengemas acara agar lebih berkesan.

Hidangan yang dipilih

Pengeluaran yang paling besar selain menyewa gedung adalah mempersiapkan makanan dan minuman untuk acara. Terlebih lagi jika undangan sangat banyak, tambah tipis aja kantongmu nanti untuk membayar catering. Kamu bisa menyiasatinya dengan memilih paket catering yang menawarkan harga sesuai dengan budget pernikahan 15 juta.

Memesan banyak makanan bukan solusi tepat untuk menghilangkan kebosanan tamu tapi malah membuatmu boros, yang terpenting makanan yang disediakan bervariasi.

Memilih undangan

Biaya pernikahan tentunya akan disesuaikan dengan jumlah undangan. Jika undangannya banyak sudah pasti biaya yang akan dikeluarkan untuk acara juga sangat besar. Untuk itu berikan undangan hanya untuk orang-orang terdekat saja.

Selain itu, guna menghemat budget pernikahan 15 juta, pilihlah desain yang murah tapi tetap unik. Yang terpenting dalam undangan yaitu orang yang menerima mudah mengingat kapan acara akan digelar.

Souvenir yang dipilih

Seperti telah menjadi budaya memberikan souvenir saat pernikahan. Jadi souvenir sangat berkaitan dengan budget prnikahan. Kamu tidak perlu ambisius dengan memberikan souvenir harga mahal yang paling penting barang tersebut bermanfaat dan dapat digunakan dikemudian hari.

Itulah cara hemat mengelola budget pernikahan 15 juta bagi calon pengantin. Tidak perlu lagi menunda pernikahan hanya karena alasan biaya. Sudah ada Tunaiku yang siap membantu mencukupi kebutuhan pendanaan untuk hari bahagia kamu dan pasangan nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*